5 Manfaat ERP bagi Bisnis Industri Jasa

5 Manfaat ERP bagi Bisnis Industri Jasa

Para pelaku usaha/bisnis profesional akan selalu menghadapi berbagai macam tantangan, termasuk pelaku bisnis industri jasa. Tantangan tersebut perlu dihadapi dengan baik melalui pengelolaan beragam aspek internal dan perencanaan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan sistem Enterprise Resource Planning (ERP).

ERP terdiri dari tiga kata, yakni enterprise (perusahaan/organisasi), resource (sumber daya), dan planning (perencanaan). Sistem ERP ini digunakan untuk mengelola dan merencanakan sumber daya perusahaan. Dengan begitu, pekerjaan-pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Berikut ini berbagai manfaat ERP bagi bisnis industri jasa.

Meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas

Salah satu manfaat ERP bagi bisnis industri jasa adalah meningkatkan fleksibilitas. Dengan menggunakan ERP, berbagai proses kerja akan lebih terbantu secara otomatis. Misalnya mengatur manajemen keuangan, manajemen karyawan, hingga manajemen pelanggan.

Dalam pengaturan ini, perusahaan biasanya memerlukan data yang akurat dan real time. Dengan menggunakan sistem ERP, pengguna tidak perlu khawatir terhadap kemungkinan kesalahan yang terjadi dari hal-hal teknis. Dengan begitu, para karyawan dapat lebih fleksibel dan produktif untuk mengerjakan pekerjaan yang lain. Selain itu, ERP berbasis cloud juga memudahkan para penggunanya untuk saling terkoneksi dalam hal menyimpan dan membagikan data

Memberikan pelayanan optimal kepada konsumen

Selain meningkatkan fleksibilitas dan skalabilitas, manfaat ERP adalah memberikan pelayanan optimal kepada konsumen. Dengan sistem ERP, para karyawan dimudahkan dalam menjalani hal-hal teknis yang berkaitan dengan pelanggan, bahkan hingga hal-hal yang detail. Misalnya mengakses data klien yang telah tersimpan di data pusat. Selain itu, para karyawan juga dimudahkan dengan melihat jadwal pertemuan dengan pelanggan.

Bahkan sistem ERP pun menyediakan fitur booking bagi para pelanggan. Data perkembangan penjualan pelanggan juga akan lebih mudah ditinjau oleh para karyawan. Dengan begitu, proses pengambilan informasi dan riwayat pelanggan akan didapatkan secara lebih cepat dan lebih akurat. Human error pun dapat diminimalisasi. Kemudahan-kemudahan ini tentunya akan memengaruhi pelayanan kepada konsumen menjadi lebih optimal dan efisien.

Menciptakan visibilitas keuangan yang lebih baik

Perencanaan-perencanaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan terbantu oleh ERP karena ERP memfasilitasi transparansi dan perencanaan berkualitas tinggi. Hal ini juga berdampak baik pada visibilitas keuangan.

Laporan dan rincian keuangan yang ditujukan untuk mengetahui untung dan rugi akan mudah terdeteksi dan teranalisis oleh ERP, bahkan hingga hal-hal yang rinci. Dengan begitu, para karyawan akan lebih mudah mengatur dan merencanakan pemasukan, memahami sumber laba dan rugi dengan lebih baik, serta memangkas pengeluaran jika dirasa perlu. 

Automasi proses kerja yang kompleks 

Manfaat ERP berikutnya adalah meningkatkan efektivitas dan produktivitas. Sistem ERP didesain untuk membantu berbagai proses yang kompleks di dalam sebuah perusahaan agar dapat bekerja secara otomatis. Dengan kecanggihan perangkat lunak ini, hal-hal yang rumit dibantu menjadi lebih mudah, hal-hal yang membutuhkan waktu lama pun dibantu menjadi lebih cepat dan efektif. Adanya sistem automasi proses kerja ini juga secara otomatis memengaruhi kinerja para karyawan, yakni meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Memungkinkan integrasi data dan akurasi bisnis

Adanya sistem automasi proses kerja yang kompleks dalam ERP memungkinkan integrasi data yang tepat pula. Pengelolaan dan perencanaan beragam proses dalam perusahaan akan terbantu lebih cepat dan akurat. Selain itu, struktur proyek terintegrasi memberi pengguna gambaran tentang layanan yang diperlukan, apa saja yang dibutuhkan, dan berapa biaya yang perlu dikeluarkan. Dengan perencanaan yang akurat ini, tentu akan mengoptimalkan hasil yang baik sesuai target perusahaan. 

Manfaat-manfaat ERP tersebut tentunya bukan hanya memudahkan para karyawan dalam meningkatkan produktivitas, fleksibilitas, dan efisien, melainkan juga membantu perusahaan untuk mencapai target-targetnya secara efektif dan optimal. Dengan kemajuan teknologi, sistem ERP menjadi jawaban dan solusi yang tepat bagi para pelaku usaha atau perusahaan. Tidak ada lagi istilah human error, lambat, rumit, ataupun ribet.

Agar bisa mendapatkan beragam manfaat ERP ini, pastikan Anda menggunakan software ERP berkualitas baik seperti Acumatica. Hubungi tim Sunartha untuk dapatkan informasi lengkap terkait Acumatica.

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

Kenali ERP dan 5 Cara Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Perusahaan Anda
5 Benefits of Cloud ERP to Improve Supply Chain Performance
Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Sistem ERP Saat Ini?


Leave a Reply

one × two =