Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Sistem ERP Saat Ini?

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Sistem ERP Saat Ini?

Menjalankan bisnis merupakan hal yang sulit. Supaya berjalan dengan baik, dibutuhkan keseimbangan antara finance, production, HR, customer service, marketing, dan sebagainya. Jadi, jangan heran bila koordinasi fungsi-fungsi ini memakan waktu dan fokus manajemen yang besar.

Namun, bila dibiarkan begitu saja, tentunya akan menghambat bisnis Anda. Untuk mempermudah sistem kontrol dengan data yang terintegrasi, maka Anda memerlukan sistem ERP. Sistem ini membantu untuk mengintegrasi dan mengolah data dari semua bagian perusahaan. Agar lebih jelas lagi, mari simak mengapa bisnis perlu menggunakan sistem tersebut melalui ulasan berikut ini!

Sistem ERP tidak terbatas

Sistem satu ini banyak digunakan karena tidak ada batasnya. Fungsi yang didapatkan dari penggunaan sistem ERP ini banyak sekali. Salah satunya memungkinkan perencanaan yang lebih valid dan terstruktur untuk meningkatkan daya saing dan laba perusahaan. Sistem tersebut juga memudahkan karyawan untuk mengakses data yang dibutuhkan tanpa perlu melakukan pengajuan atau menerima dokumen lagi. Dengan begini, kolaborasi tim menjadi lebih mudah, waktu lebih efisien, dan produktivitas menjadi meningkat.

Perusahaan membutuhkan sistem otomatis 

Terbayang, tidak, bahwa semakin banyaknya dokumen, maka produktivitas kerja akan menurun drastis? Misalnya pada pelacakan absen, persetujuan permintaan, dan pemantauan investasi. Jika dilakukan secara manua, tentu sangat menyita waktu karyawan. Karenanya, perusahaan membutuhkan sistem otomatis yang tidak perlu lagi menggunakan tenaga manusia untuk melakukan pekerjaannya secara manual.

Di sinilah sistem ERP dapat membuat pendataan menjadi lebih mudah dengan sifatnya yang otomatis. Tak perlu lagi meminta data, sesama karyawan dapat mengakses data yang dibutuhkan tanpa perlu adanya pengajuan permintaan atau persetujuan.

Kolaborasi tim menjadi lebih baik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bisnis dapat berjalan dengan baik apabila terdapat keseimbangan dalam kinerja antara tim-tim yang terlibat. Bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan kolaborasi tim agar bisnis berjalan lancar? Solusinya ada pada sistem ERP yang meruntuhkan dinding-dinding pembatas antara departemen. Dengan data yang dimasukkan ke dalam sistem tersebut, satu departemen dapat mengakses data dari departemen lain. Hal ini dapat menghemat waktu dan proses meminta data dari tim lain.

Meningkatkan keamanan

Khawatir dengan keamanan data? Tak perlu lagi bila menggunakan sistem ERP! ERP memiliki firewall dan kontrol pembatas yang dapat mencegah pelanggaran data. Semua datanya disimpan dalam sistem terpusat sehingga aksesnya dapat dimonitor secara ketat. Alhasil, keamanannya pun terjaga. Bahkan admin yang bertanggung jawab pun dilarang memberikan hak akses pada karyawan yang tidak berwenang. Sistem ini juga menunjukkan pola aktivitas yang mencurigakan dalam sistem sehingga dapat dicegah.

Menghemat biaya perusahaan

Tentunya dalam pengembangan bisnis dibutuhkan dana yang besar. Itulah kenapa Anda perlu menetapkan strategi untuk menekan biaya-biaya dari berbagai aspek bisnis. Sistem ERP ini sendiri dapat membantu perusahaan dalam berinvestasi untuk waktu yang panjang. Dengan menyatukan banyak sistem dalam bisnis, semua pekerjaan dapat dijalankan secara otomatis dan bersamaan, sehingga perusahaan dapat melakukan efisiensi biaya.

Produktivitas perusahaan meningkat

Dengan menggunakan sistem ERP, manajemen inventori dan manufaktur menjadi lebih maksimal dalam soal produksi dan pengiriman. Hal ini dikarenakan penjadwalan yang jadi lebih baik, manajemen peralatan dan tenaga kerjanya pun juga lebih teratur. Sistem satu ini menciptakan proses produksi yang lebih baik, sekaligus meningkatkan efisiensi manajemen gudang dari mulai pengambilan, pengemasan, dan pengiriman. 

Bisnis memang perlu menekan pengeluaran sehingga ada sumber-sumber keuangan baru demi mengembangkan bisnis mereka. Salah satunya bisa lewat penerapan sistem ERP ini. Karyawan menjadi lebih mudah mengakses data yang dibutuhkan sehingga tercipta efisiensi waktu. Di sisi lain, penggunaan sistem ini juga cukup dilakukan satu admin saja, namun kolaborasi tim menjadi lebih baik.

Untuk Anda yang ingin menerapkan sistem ERP untuk bisnis Anda, Anda bisa mengandalkan Acumatica. Caranya mudah, Anda tinggal menghubungi Sunartha sebagai penyedia layanan Acumatica di sini. Dijamin bisnis Anda menjadi lebih baik dengan sistem yang terintegrasi. Biayanya juga tidak terlalu mahal dengan keamanan yang sudah terbukti. Jadi, tunggu apa lagi, segera gunakan sistem ERP dari Acumatica untuk bisnis yang lebih baik!

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

Kenali ERP dan 5 Cara Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Perusahaan Anda
5 Benefits of Cloud ERP to Improve Supply Chain Performance
6 Manfaat ERP untuk Perusahaan Startup
6 Ciri Startup, Perusahaan yang Digandrungi Milenial



Leave a Reply

nineteen − 18 =