Aset yang Tidak Lagi Sekedar Setumpuk Informasi

Aset yang Tidak Lagi Sekedar Setumpuk Informasi

 

Aset yang Tidak Lagi Sekedar Setumpuk Informasi

Aset yang Tidak Lagi Sekedar Setumpuk Informasi(Source)

Informasi dalam Bisnis

Data menyediakan informasi yang dapat membantu kita dalam mengambil keputusan, baik untuk kehidupan personal maupun profesional. Disaat platform digital ditujukan jelas perannya; Mint sebagai pengelola keuangan pribadi; Venmo untuk pengiriman uang berbasis smartphone, tapi data secara tersirat memiliki peran yang lebih luas.

  1. Memperkuat koneksi dengan konsumen

Menyediakan produk/jasa yang konsumen inginkan tidaklah cukup, perusahaan juga harus membangun koneksi dan hubungan baik dengan konsumen, salah satu nya dapat dibantu dengan big data. Big data dapat membantu perusahaan mencakup konsumen secara menyeluruh dan tepat sasaran. Searchmetrics, salah satu perusahaan SEO dapat membantu menganalisa keefektifan konten dari sebuah situs dan melihat peringkat keefektifan konten dari kompetitor, sehingga langkah yang diambil perusahaan dapat tepat ditujukan untuk target konsumen.

  1. Meningkatkan pelayanan kesehatan

Dengan menggunakan data EKG dari pasien terdahulu yang terkena serangan jantung, peneliti dari MIT & University of Michigan and Brigham berhasil membuat model terkomputerisasi yang dapat memprediksi 3 jenis keabnormalan pada detak jantung. Data juga membantu rumah sakit untuk menganalisa obat yang cocok untuk penyakit terkait, agar komplikasi antar obat dapat terhindar.

Perusahaan seperti POC Medical System alhasil dapat membantu mengurangi tes diagnostik pasien, bahkan mendeteksi kanker lebih dini sehingga pasien bisa meminimalisir risiko dan mendapatkan penanganan secepatnya.

  1. Tren Analisis

Memprediksi tren di masa depan terasa sulit terlebih melihat dinamika perekonomian global dan perilaku konsumen. “Dengan memaksimalkan utilitas data serta menganalisanya, kita dapat menemukan jawaban dari tiap masalah yang ada, mulai dari menyembuhkan kanker, memberantas terrorisme, hingga melihat tren ekonomi di masa mendatang” ujar Bernard Marr, data professional di IBM.

Oleh Google Trends, kini user dapat memprediksi tren dengan menyajikan informasi mengenai most searched keywords dan data yang berhubungan dengan keywords tersebut. Dengan ini juga stakeholder dapat terbantu untuk menganalisa perilaku konsumen sekarang dan di masa mendatang serta mengambil langkah strategis terkait perusahaan.

  1. Efisiensi energi

Ketidaktahuan masyarakat Amerika atas berapa banyak penggunaan listrik harian mereka, dan bagaimana dampaknya di masa mendatang membuat penggunaannya cenderung berlebihan. Dikutip dari OVO energy bahwa Amerika merupakan negara dengan konsumsi listrik per rumah tangga terbesar di dunia rata-rata 12.300kWh per tahun.

“Penggunaan listrik oleh masyarakat akan berkurang jika adanya perangkat yang membantu kita melihat berapa energi yang sudah terpakai secara real-time. Dengan begitu penggunannya akan lebih terkendali” dilansir dari artikel New York Times 2013.

Truveon, aplikasi behavior-based, kini dapat membantu penggunaan energi secara efisien. Oleh TruEnergy yang secara komprehensif menjaga kinerja aliran listrik, serta menyesuaikan penggunaan listrik dengan cuaca membuat konsumen lebih hemat biaya.

  1. Kesehatan dan gaya hidup

Tingginya mortalitas warga Amerika dikarenakan penyakit kardiovaskular, sebanyak 801.000 kematian per tahun,  memicu Food and Drug Administration USA membuat peraturan nutrition labeling pada setiap menu yang ada di restoran. Bahkan, pencegahan timbulnya penyakit lain dilakukan sejak dini, dimana pemerintah melarang adanya vending machine di sekolah dan daerah sekitar sekolah.

Peran big data dalam bidang kesehatan sangatlah luas yaitu sebagai langkah preventif kematian, memprediksi jenis penyakit baru, menyembuhkan penyakit,  dan meningkatkan kualitas hidup. MyFitnessPal, sebuah aplikasi kesehatan dengan 6 juta database mengenai makanan, dapat membantu user menjaga pola hidup mulai dari analisis kandungan nutrisi makanan secara makro dan mikro, diet, tips berolahraga, perhitungan body mass index dan lain-lain

Aset yang Tidak Lagi Sekedar Setumpuk Informasi

Pada dasarnya data tidak akan pernah berbohong kecuali data tersebut termanipulasi, Jika kita tahu bagaimana memanfaatkan data, data dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Hubungi kami untuk informasi terkait penerapan sharing kali ini “Aset yang Tidak Lagi Sekedar Setumpuk Informasi” di bisnis Anda. Whatsapp Mba Euis disini 0815 8690 2500

Bacaan lain terkait bisnis yang menurut saya Anda harus baca:

Pentingnya ERP untuk Bisnis

Pentingnya Jasa Akuntansi untuk Usaha yang Baru Berdiri

Dinamika Menuju Ekonomi Baru

PT SUN ARTHA PUTRA MANDIRI

Sunartha merupakan Preferred Partner dari Acumatica Cloud ERP dan Tableau Business Intelligence Tools. Kami menawarkan free consulting penerapan tools tersebut dibisnis Anda

P (021) 2550 2629    E ask@sunartha.co.id

Source



1 Comment

Leave a Reply

13 − 8 =