Beralih dari Excel ke Software Smartsheet untuk Mudahkan Kolaborasi, Why Not?
Microsoft Excel dikenal sebagai aplikasi spreadsheet yang digunakan banyak orang saat ini untuk menyusun data. Kemampuannya untuk mengolah data dalam jumlah banyak menjadi keunggulannya. Namun, saat ini, teknologi semakin berkembang dan mulai muncul macam-macam spreadsheet dengan fitur terbaru, salah satunya adalah software Smartsheet.
Smartsheet merupakan sebuah aplikasi yang mampu mengelola pekerjaan serta merencanakan manajemen proyek. Berbeda dari Excel, Smartsheet memiliki banyak keunggulan tersendiri dengan fitur-fitur terbaru. Apa saja keunggulannya? Simak penjelasan berikut ini!
Smartsheet, lebih dari sekadar spreadsheet
Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran pandemi Covid-19 menuntut perusahaan dan para pekerjanya untuk beradaptasi dengan model kerja baru. Para karyawan harus mampu bekerja dari jarak jauh dengan lebih efektif. Di sinilah software Smartsheet dibutuhkan. Bukan hanya sekadar aplikasi untuk mengolah data, tetapi software ini menyediakan lebih dari itu.
- Sediakan lebih dari 100 spreadsheet
Untuk mempermudah penggunaan, Smartsheet menyediakan lebih dari 100 template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek. Pengguna tinggal memilih spreadsheet mana yang paling cocok dengan jenis proyek yang sedang dikerjakan. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur keterangan pada setiap kolom sesuai dengan informasi yang diperlukan.
- Bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain
Salah satu keunggulan software Smartsheet yang tidak bisa ditemukan pada aplikasi lainnya adalah integrasi dengan aplikasi lain. Di Smartsheet, pengguna tidak perlu pindah aplikasi karena software ini bisa terhubung dengan berbagai aplikasi berbasis cloud seperti G Suite, Microsoft Office 365, Google’s Hangouts Chat, Gmail, dan lain sebagainya.
- Keamanan data terjamin
Smartsheet menjamin keamanan data perusahaan dengan membangun persyaratan dan protokol keamanan untuk melindungi data yang ada di dalam software. Smartsheet juga memberikan kontrol kepada pengguna untuk membuat akses data, serta memberikan metode membagikan informasi dengan aman, baik di dalam atau luar perusahaan.
Baca juga: 8 Fitur Smartsheet untuk Tingkatkan Kolaborasi dan Kerja Sama Tim
Kolaborasi kerja lebih mudah dengan Smartsheet
Untuk menjaga kelancaran proyek, kolaborasi kerja antarkaryawan dibutuhkan. Dengan berbagai fitur yang disediakan software Smartsheet, kolaborasi kerja pun bisa ditingkatkan. Sebagai aplikasi manajemen proyek, Smartsheet memungkinkan pengguna untuk merencanakan proyek yang akan dijalankan dan mengawasi proses proyek tersebut.
Dalam aplikasi yang sama, pengguna juga bisa mengelola konten bersama dengan rekan kerja pada saat bersamaan, berdiskusi dengan anggota, mengautomasi alur kerja, melacak penggunaan anggaran, dan lain sebagainya. Masih banyak fitur unggul Smartsheet lainnya yang bisa membentuk kolaborasi kerja antarkaryawan secara lebih efektif dan efisien.
Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Produktivitas Ketika Bekerja di Rumah
Tertarik beralih dari Excel ke Smartsheet?
Jika mulai tertarik beralih dari Excel ke Smartsheet, Anda tidak perlu memindahkan data yang sudah tersimpan di Excel secara manual. Anda bisa langsung import data tersebut ke software Smartsheet. Sebelum import data, pastikan bahwa data tidak lebih dari 50 MB.
Selain itu, hanya 20.000 baris, 400 kolom, atau 500.000 sel yang bisa dimasukkan ke Smartsheet dalam waktu yang sama. Pastikan format dokumen Anda adalah .xls, .xlsx, atau .csv dan jangan kosongkan halaman pertama pada dokumen Anda. Setelah itu, Anda bisa memindahkan datanya dengan mengikuti langkah berikut ini:
- Klik “Solution Center” pada navigasi di sebelah kiri, kemudian klik “Import”.
- Pilih aplikasi tempat dokumen Anda berada.
- Setelah dokumen Anda berhasil diunggah, ketik nama lembar dan pilih kolom utama untuk meletakkan dokumennya.
- Klik tombol “Import”, maka dokumen yang sudah dimasukkan akan muncul sebagai lembaran baru di “Browse”.
Untuk membuat penampilan data terlihat dan berfungsi seperti yang Anda inginkan, Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian secara manual pada lembaran yang di-import ke Smartsheet.
Baca juga: 5 Cara Membangun Team Work yang Baik Walau Kerja Remote
Software Smartsheet dilengkapi dengan puluhan fitur untuk melakukan berbagai pekerjaan, seperti kolaborasi tim, melacak anggaran, mengawasi jalannya sebuah proyek, diskusi antar anggota, dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan itu bisa dilakukan hanya dari satu aplikasi yang terintegrasi dengan puluhan software lainnya. Menggunakan aplikasi manajemen yang tepat bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas sebuah bisnis.
Bagi Anda yang tertarik untuk beralih ke Smartsheet, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan ini. Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut, hubungi Tim Sunartha lewat tautan ini!