Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

(Source)

Keberadaan big data memberikan solusi bagi bisnis untuk mendapatkan hasil analisis mendalam, memecahkan masalah-masalah krusial bisnis,  dan mengidentifikasi peluang baru yang mungkin dikelola – “Bagaimana saya bisa meningkatkan kepuasan konsumen?”, “Mengapa pembaca website saya sedikit?”.

Kali ini, kami mencoba mengurai proses pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan data, dalam 7 langkah aplikatif.

 

Bagian 1

  1. Susun strategi bisnis yang efektif

Susun startegi yang dapat mengakomodasi faktor internal — visi misi dan eksternal perusahaan. Banyak strategi yang disusun hanya untuk melanggengkan eksistensi perusahaan di pasar, padahal hal tersebut membuat perusahaan kehilangan kesempatan yang timbul dari sebuah persaingan.

Maka susun strategi yang dinamis dan mendukung pertumbuhan perusahaan, identifikasi data apa yang memiliki urgensi tinggi untuk dikumpulkan dan hal apa yang harus dicapai bisnis dengan data tersebut.

  1. Fokus pada satu bidang usaha

Mari kita belajar dari 8commerce. 8commerce merupakan anak perusahaan Linc Group dimana telah berpengalaman puluhan tahun di bidang logistik. Disaat perusahaan logistik lain fokus pada aktivitas pergudangaan non ecommerce, maka berbeda dengan 8commerce.

Ia fokus pada end-to-end ecommerce enabler, yang menawarkan solusi pemenuham logistik dan pengiriman terintegrasi bagi perusahaan yang ingin membuka toko online. Pergudangan yang diterapkan pun khusus untuk pesanan satuan konsumen ecommerce. Atas hal itu, memasuki tahun kedua 8commerce berhasil melakukan ekspansi bisnisnya di 10 daerah di Indonesia, dilengkapi dengan warehouse seluas 85 ribu meter persegi.

  1. Identifikasi permasalahan yang belum terjawab

Bisnis tidak pernah terlepas dari pelbagai masalah. Kelak dalam pengambilan keputusan, maka sebuah bisnis harus berhati-hati dalam mendefinisikan masalah. Apabila masalah-masalah telah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi dan susun prioritas mengenai persoalan mana saja yang harus dijawab. Dengan begitu maka bisnis menjadi lebih fokus dalam proses pengumpulan data.

Jangan lupa mampir ke artikel kami lainnya disini ya yang membahas tentang Software ERP di Indonesia

Bagian 2

  1. Kumpulkan data yang menjawab permasalahan

Pertama, identifikasi data apa yang bisnis butuhkan sehingga dapat menjawab permasalahan tersebut, kemudian kumpulkan datanya bisa secara primer atau sekunder. Perlu diketahui tidak ada data yang tidak valuable, hanya saja bagaimana kecermatan sebuah bisnis mengolah, menganalisa serta menarik kesimpulan dari data.

  1. Uji keabsahan data

Dalam hal ini data harus dipastikan derajat validitas, reliabilitas dan objektivitasnya. Yakinkan bahwa data yang didapat tepat, dan tidak ada perbedaan antara data yang dilaporkan dengan data yang sesungguhnya didapat dari objek/subjek terkait. Karena pada dasarnya kegunaan data setelah diolah dan dianalisis ialah sebagai acuan objektif dalam pengambilan keputusan

  1. Analisa data

Setelah data terbukti absah, selanjutnya maka tentukan bagaimana data tersebut akan diolah mulai dari dengan IBM DB2, Microsoft SQL Server atau cara manual untuk bisnis kecil tradisional. Diharapkan, dari proses analisis data dapat lebih mudah dipahami dan menghasilkan informasi yang bermakna untuk kelangsungan bisnis.

  1. Integrasikan pada bisnis

Terakhir, jadikanlah informasi, wawasan dari data menjadi jawaban dari masalah bisnis Anda, jadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang akan mengubah bisnis kedepannya. Karena inti dari semuanya adalah; mengubah data menjadi tindakan nyata.

Bacaan lainnya sesuai poin no 7 dimana kita bisa mengintegrasikan bisnis kita menggunakan tools ini, silahkan mampir juga Cloud ERP Indonesia

Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Bagaimana topik pembahasan kali ini? Menarik bukan? Bisnis tidak hanya tentang menghasilkan profit dan uang saja, tetapi banyak elemen lain yang bisa kita bahas bersama.

Tertarik untuk menerapkan beberapa poin diatas dibisnis Anda? Tim saya, Mba Euis mungkin bisa membantu Anda dalam sisi konsultasi nih. Hubungi via whatsapp dinomor berikut 0815 8690 2500 

Dan kami juga berikan free trial salah satu tools terkait poin 6 untuk menganalisa data Anda. Coba download tautan berikut, Tableau dan Anda bisa mulai gunakan dari data yang dimiliki seperti excel spreadsheet.

Salam,

Daru

 

Source
Source
Source

Ingin memiliki penghasilan tambahan? beritahu kami !