Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

(Source)

Selamat Datang

Keberadaan big data memberikan solusi bagi bisnis untuk mendapatkan hasil analisis mendalam, memecahkan masalah-masalah krusial bisnis, dan mengidentifikasi peluang baru yang mungkin dikelola – “Bagaimana saya bisa meningkatkan kepuasan konsumen?”, “Mengapa pembaca website saya sedikit?”.

Kali ini, kami mencoba mengurai proses pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan data, dalam beberapa langkah yang tepat.

Bagi Anda yang saat ini memiliki bisnis yang terkena dampak penurunan bisnis karena Covid -19, kami turut merasa prihatin.

Daripada kita prihatin dan tidak bisa berbuat apa-apa, disaat ini, kita harus bersama-sama mencari solusi bersama untuk mempertahankan bisnis atau jangan-jangan kita harus mulai berpikir untuk Pivot kearah bisnis lain.

Bagaimana dengan Anda? Tentunya Anda mampir ke bacaan dengan topik ini untuk mendapatkan ide bagaimana kita bisa mendapatkan gambaran pengambilan keputusan yang tepat bukan?

Tentu saja, tidak semua bahasan dalam artikel ini dapat membantu Anda untuk melewati kondisi sekarang ini, tetapi penulis berusaha membantu dengan membagikan artikel dan saran-saran yang relevan seperti artikel yang saya sadur dari temanbisnisapp.com

Identifikasi Permasalahan

Saat ini kondisi perekonomian sangat tidak teratur. Penyebabnya adalah kebijakan pemerintah untuk mengurangi bertambahnya kemungkinan penyebaran virus Covid-19.

Banyak sektor dan industri yang langsung terkena dampaknya. Salah satunya adalah retail. Iya, tanpa kita sadari, bisnis retail sudah mengalami transformasi yang cukup hebat.

Bagaimana tidak? Dengan hadirnya e-commerce yang mampu menggabungkan antara produsen dengan end user secara langsung mampu memangkas rantai distribusi yang terbiasa para customer lalui.

Identifikasi masalah ini sangat penting, karena apakah bisnis Anda termasuk mendapatkan masalah yang saat ini dihadapi? Kalau iya, bagus, sudah satu tahap Anda dapatkan jawabannya.

Setidaknya Anda sebagai pemilik bisnis sudah tahu permasalahan yang timbul dan bagaimana bereaksi terhadap permasalahan tersebut bukan?

Ok, sabar dulu, sambil kita menyeruput kopi hitam, kita akan lanjutkan ya topik dasar-dasar dalam pengambilan keputusan bisnis.

Pengumpulan Informasi yang Relevan

Informasi yang revelan bisa kita dapatkan dari data-data yang kita miliki. Ataupun dari data para pelaku pasar atau industri yang secara kolektif digabungkan untuk menjadi masukan terhadap bisnis kita.

Rajin membaca berita melalui Linkedin atau melalui channel informasi relevan lainnya membuat Anda tahu, industri mana saat ini yang sedang mengalami over demand.

Salah satu informasi yang saya dapatkan, shiftingnya retail bisnis saat ini beralih ke basic goods seperti bahan pokok standar, beras dan kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya.

Industri logistik pun juga mengalami momentum ini. Buyers mau tidak mau akan spending dana yang mereka miliki untuk tetap hidup bukan?

Dapatkan informasi relevan dan bukannya hoax yang harus Anda percaya. Setuju?

Susun Strategi bisnis yang efektif

Dengan informasi dan permasalahan yang sudah Anda dapatkan. Saatnya menyusun strategi bisnis yang efektif.

Semua opsi strategi haruslah kita inventarisasi atau kumpulkan agar setiap opsi yang kita miliki harus kita tahu. Kemudian setelah itu, kita akan buat pro dan cons (benefit dan efek negatif) apabila kita jalankan.

Memang tidak mudah. Tidak ada “pil” ajaib utk semua jenis penyakit. Namun melakukan hal ini setidaknya Anda dan tim manajemen bisnis Anda akan menyadari implikasi apa yang akan timbul kedepannya.

Contoh pertanyaannya seperti cashflow masuk sangat terbatas karena efek pembatasan, apakah kita harus mengambil keputusan melakukan merumahkan karyawan atau mengambil peluang memanfaatkan momentum bisnis yang lain seperti membuat produk atau jasa yang membantu banyak orang untuk menanggulangi efek virus kedepannya.

Fokus pada satu jawaban terkadang membuat kita menjadi lebih mudah melakukan eksekusi dan melakukan review daripada mempunyai banyak sekali solusi dan menjalankannya secara bersamaan.

Mari kita belajar dari 8commerce. 8commerce merupakan anak perusahaan Linc Group dimana telah berpengalaman puluhan tahun di bidang logistik. Disaat perusahaan logistik lain fokus pada aktivitas pergudangaan non ecommerce, maka berbeda dengan 8commerce.

Ia fokus pada end-to-end ecommerce enabler, yang menawarkan solusi pemenuham logistik dan pengiriman terintegrasi bagi perusahaan yang ingin membuka toko online. Pergudangan yang diterapkan pun khusus untuk pesanan satuan konsumen ecommerce. Atas hal itu, memasuki tahun kedua 8commerce berhasil melakukan ekspansi bisnisnya di 10 daerah di Indonesia, dilengkapi dengan warehouse seluas 85 ribu meter persegi.

Dengan fokus pada satu jawab dan strategi, kita juga dapat melakukan persiapan sehingga strategi kita dapat berjalan secara optimal.

Sebagai contoh apabila kita mempunyai bisnis ecommerce, dengan menerapkan strategi online to offline dengan sistem yang tepat seperti contoh video dibawah ini, kita dapat melakukan inovasi.

Informasi lebih lanjut mengenai tools yang bisa membantu bisnis Anda ketika Anda bekerja dari rumah (WFH) dapat Anda baca disinis Software ERP di Indonesia

Evaluasi dan Analisa Data setelah Eksekusi

Setelah menjalankan strategi dan mendapatkan hasil baik ataupun belum sesuai hipotesa kita, Anda tetap mendapatkan data yang berguna untuk pengembangan strategi kedepan.

Saya suka dengan istilah dengan data, Anda menjadi seorang pengambil keputusan yang lebih bijak daripada hanya berbicara insting semata.

Kenapa tidak? Saat ini data menjadi salah satu penentu bisnis Anda akan bertahan atau tidak.

Semakin cepat Anda mendapatkan data yang dibutuhkan maka Anda akan dapat menjalankan strategi yang sudah Anda sempurnakan.

Kumpulkan data yang menjawab permasalahan. Pertama, identifikasi data apa yang bisnis butuhkan sehingga dapat menjawab permasalahan tersebut, kemudian kumpulkan datanya bisa secara primer atau sekunder. Perlu diketahui tidak ada data yang tidak valuable, hanya saja bagaimana kecermatan sebuah bisnis mengolah, menganalisa serta menarik kesimpulan dari data.

Melakukan pengujian keabsahan data juga menjadi suatu hal yang kritis. Dalam hal ini data harus dipastikan derajat validitas, reliabilitas dan objektivitasnya. Yakinkan bahwa data yang didapat tepat, dan tidak ada perbedaan antara data yang dilaporkan dengan data yang sesungguhnya didapat dari objek/subjek terkait. Karena pada dasarnya kegunaan data setelah diolah dan dianalisis ialah sebagai acuan objektif dalam pengambilan keputusan

Analisa data

Setelah data terbukti absah, selanjutnya maka tentukan bagaimana data tersebut akan diolah mulai dari dengan sumber data seperti RDBMS yang kita tahu, Microsoft SQL Server atau cara manual untuk bisnis kecil tradisional menggunakan aplikasi spreadsheet sederhana.

Diharapkan, dari proses analisis data dapat lebih mudah dipahami dan menghasilkan informasi yang bermakna untuk kelangsungan bisnis atau untuk menyempurnakan strategi yang kita miliki.

Terakhir, jadikanlah informasi, wawasan dari data menjadi jawaban dari masalah bisnis Anda, jadikan pertimbangan untuk mengambil keputusan yang akan mengubah bisnis kedepannya. Karena inti dari semuanya adalah mengubah data menjadi tindakan nyata.

Data yang tersaji melalui Dashboard seperti dibawah ini, akan membantu Anda memahami posisi Anda sekarang dan arah kedepan. Tertarik untuk belajar dari rumah bersama kami?

Belajar Tableau dari Rumah

Hubungi tim saya Mba Euis dinomor berikut ya: 0815 8690 2500

Bacaan lainnya sesuai poin no 7 dimana kita bisa mengintegrasikan bisnis kita menggunakan tools ini, silahkan mampir juga pada artikel kami Contoh Penerapan ERP

Dasar-dasar dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Bagaimana topik pembahasan kali ini? Menarik bukan? Bisnis tidak hanya tentang menghasilkan profit dan uang saja, tetapi banyak elemen lain yang bisa kita bahas bersama. Apalagi saat ini dengan isu pandemik Covid-19 yang membuat para pemilik bisnis harus berpikir keras untuk solusi dan keberlangsungan bisnis kedepannya.

Tertarik untuk menerapkan beberapa poin diatas dibisnis Anda? Tim saya, Mba Euis mungkin bisa membantu Anda dalam sisi konsultasi lebih lanjut. Hubungi via whatsapp dinomor berikut 0815 8690 2500 untuk mendapatkan informasi lanjutannya.

Atau sekadar cerita dan sharing bagaimana Anda bertahan untuk membuat roda bisnis Anda bergerak didalam kondisi sulit ini.

Dan kami juga berikan free trial salah satu tools terkait poin 6 untuk menganalisa data Anda. Coba download tautan berikut, Tableau dan Anda bisa mulai gunakan dari data yang dimiliki seperti excel spreadsheet.

Salam,

Daru

Source
Source
Source