Industri Ini Wajib Gunakan Sistem ERP untuk Bantu Kelancaran Bisnis

Industri Ini Wajib Gunakan Sistem ERP untuk Bantu Kelancaran Bisnis

Sistem ERP telah digunakan pada sektor manufaktur sejak tahun 1990-an. ERP saat itu digunakan untuk mengelola akuntansi dan sumber daya manusia. Sekarang, ERP sepenuhnya dapat disesuaikan dan dapat digunakan di berbagai industri lain untuk bantu kelancaran bisnis. Ketika kebutuhan perusahaan berubah dan berkembang, penting untuk menggunakan perangkat lunak ERP guna memusatkan informasi database perusahaan, mengautomasi tugas-tugas rutin, dan menyederhanakan proses bisnis. Berikut beberapa industri yang wajib menggunakan sistem ERP!

Apa itu Sistem ERP?

ERP adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning (ERP), sebuah software untuk manajemen proses kerja yang mengelola dan mengintegrasikan banyak sektor penting dalam bisnis. Mulai dari operasional, keuangan, perdagangan, rantai pasokan, manufaktur, hingga aktivitas sumber daya manusia.

Mungkin sudah banyak perusahaan menggunakan software tertentu untuk menunjang pekerjaan mereka, tapi sayangnya sebagian besar software saat ini belum mampu melampaui proses bisnis sehari-hari atau mendukung pertumbuhan bisnis di masa depan secara signifikan. Di sinilah ERP dapat membantu perusahaan.

Manfaat menggunakan sistem ERP

Memiliki fungsi sebagai aset bagi banyak bisnis, berikut beberapa manfaat menggunakan sistem ERP pada perusahaan:

    • Meningkatkan dan memperkuat keamanan.
    • Sistem untuk memberi informasi dan dukungan bagi berbagai departemen.
    • Menerapkan data real-time yang akurat untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
    • Memberi karyawan lebih banyak alat untuk meningkatkan pendapatan dan mencapai sasaran penjualan.
    • Membawa bisnis Anda tak terbatas ruang dan waktu dengan aksesibilitas cloud.

Sistem ERP membuat bisnis Anda berjalan lebih lancar dengan menyatukan dan melindungi informasi Anda, mengautomasi proses, dan menghasilkan laporan yang mudah dipahami. Manfaat ERP membuat operasi bisnis sehari-hari dan perencanaan jangka panjang bisnis menjadi lebih efisien.

Industri yang cocok menggunakan sistem ERP

Tak hanya manufaktur, kini berbagai industri lain juga dapat memanfaatkan ERP. Beberapa industri yang cocok menggunakan sistem ERP di antaranya adalah: 

Industri perhotelan dan restoran

ERP bisa digunakan oleh hotel dan restoran untuk mendapatkan keuntungan besar. Sistem ini membuat proses komunikasi dan pemesanan dapat dilakukan melalui portal yang diintegrasikan dengan modul akuntansi. Pengelolaan pelanggan hotel dan pemberian prioritas khusus atau hak istimewa kepada pelanggan setia bisa lebih mudah dilakukan dengan sistem ini.

Sistem ini juga memungkinkan modul restoran dapat diintegrasikan dengan eMenu sehingga pesanan pelanggan akan langsung masuk ke sistem pesanan dapur. Tiap progress pesanan pun dapat dilacak dan feedback dari pelanggan juga bisa  disimpan.

Lembaga pendidikan

Sistem ERP juga bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan fasilitas akademik dan penelitian. Dengan ERP, ada banyak manfaat yang akan diterima oleh industri pendidikan, seperti:

    • Mempermudah alur kerja dengan meminimalisir human error.
    • Menyimpan informasi penting secara massal untuk tugas-tugas administratif sekolah, seperti tugas penerimaan, informasi biaya, dan detail demografis.
    • Menyediakan portal untuk mengakses informasi seperti rincian siswa, penilaian, dan jadwal.
    • Memungkinkan guru untuk dapat berbagi detail dengan siswa, termasuk pembaruan silabus, pelaksanaan kursus, dan pekerjaan rumah.
Industri travel

Pesatnya perkembangan industri travel di seluruh dunia membuat banyak di antaranya menggunakan portal online demi meningkatkan bisnis. Penggunaan sistem ERP untuk industri travel, yang biasanya melakukan pemesanan travel secara online, adalah solusi terbaik.

ERP menyederhanakan bisnis biro perjalanan karena bisa dihubungkan dengan sistem booking. Nantinya, sistem akan otomatis mengirimkan konfirmasi pemesanan ke masing-masing hotel yang didaftarkan klien. Berbagai aktivitas penting dalam industri travel seperti pemesanan tiket, pesawat, transportasi, hotel, dan sebagainya juga bisa ditangani dengan mudah menggunakan ERP.

Manajemen sumber daya manusia

Perusahaan yang sukses pada umumnya mempunyai kualitas karyawan yang sama baiknya. Bagi perusahaan besar yang mempunyai banyak cabang di seluruh dunia, penggunaannya menjadi sangat krusial karena bermanfaat mengatur gaji karyawan yang berpengaruh terhadap kepuasan karyawan. Sistem ini dapat membantu manajemen sumber daya manusia yang akan sulit dikelola sepenuhnya jika dilakukan departemen HR secara manual. 

Data konsolidasi karyawan bisa disederhanakan oleh modul penggajian dari ERP dengan berbagai cara. Pengecekan database internal bisa dilakukan oleh manajer HR lewat data digital yang menampilkan gaji, biaya operasional, training, absensi, dan sebagainya jika ada departemen yang sedang membutuhkan tambahan tenaga kerja. 

Sistem ERP memiliki banyak manfaat sehingga wajib bagi beberapa industri di atas untuk menggunakannya guna membantu kelancaran bisnis. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai layanan ERP dari Acumatica. Anda juga bisa menghubungi tim Sunartha untuk melakukan konsultasi sebelum menggunakan Acumatica di perusahaan Anda.

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

Kenali ERP dan 5 Cara Memilih Sistem ERP yang Tepat untuk Perusahaan Anda

 

5 Benefits of Cloud ERP to Improve Supply Chain Performance

 

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Sistem ERP Saat Ini?


Leave a Reply

eight + 10 =