Mengenal Apa Itu Tableau, Business Intelligence Tool untuk Bantu Anda Kelola Analisis Data

Mengenal Apa Itu Tableau, Business Intelligence Tool untuk Bantu Anda Kelola Analisis Data

Apa itu Tableau

Data merupakan hal penting dalam bisnis. Dari data, ada banyak informasi seputar bisnis yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari keuntungan dan kerugian, preferensi pembeli, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa data harus diolah dengan sangat baik bila Anda ingin mengembangkan bisnis. 

Kabar baiknya, pengolahan data kini jadi lebih mudah dengan kehadiran Tableau, software visualisasi data ternama. Melalui data yang divisualisasikan, Anda bisa lebih mudah memahami data sehingga analisisnya pun tak sulit. Untuk mengetahui apa itu Tableu serta informasi selengkapnya, simak ulasan di bawah ini!

Apa itu Tableau?

Tableau merupakan platform Business Intelligence untuk membantu para pelaku bisnis dalam melihat sekaligus memahami data melalui proses visualisasi. Software satu ini pertama kali ditemukan di Stanford pada 2003 silam dengan tujuan meningkatkan aliran analisis serta membuat data jadi lebih mudah diakses orang melalui visualisasi. 

Di Indonesia sendiri, Tableau hadir pada 2009 silam. Di dalamnya tersedia berbagai fitur yang mempermudah Anda untuk melakukan visualisasi data. Beberapa di antaranya seperti dashboard dan scoreboard, ad hoc analys and queries, proses analitik online, penemuan data, pencarian Business Intelligence, dan banyak lagi. Tak heran jika banyak pebisnis suka sekali menggunakan Tableau sebagai andalan visualisasi data.

Jenis Tableau

Setelah mengerti apa itu Tableau, Anda juga perlu mengenali jenis-jenis Tableau. Umumnya, Tableau terbagi menjadi dua, yakni Developer Tools dan Share Tools. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan Developer Tools dan Share Tools.

Share Tools

Jenis Tableau satu ini digunakan untuk berbagi laporan, visualisasi, dan dashboard dengan menggunakan alat software development. Beberapa contoh produk Tableau Sharing Tools antara lain Tableau Online, Reader, dan Server.

Developer Tools

Di sisi lain, Developer Tools digunakan untuk pengembangan seperti mendesain bagan, dashboard, laporan, dan visualisasi. Produk yang termasuk dalam kategori ini adalah Tableau Public dan Tableau Desktop.

Fitur Tableau

Bukan tanpa alasan Tableau digunakan banyak para pelaku bisnis. Hal ini tidak terlepas dari fitur-fitur penunjang yang ditawarkan. Berikut ini beberapa di antaranya yang menjadi unggulan:

Kolaborasi secara real-time

Kolaborasi real-time menggabungkan data dari berbagai sumber yang dapat digunakan secara bersamaan dalam waktu bersamaan pula. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk berdiskusi melalui dashboard bersama orang lain atau satu tim.

Visualisasi menarik

Keunggulan dari apa itu Tableau juga tak terlepas dari tersedianya fitur yang menghasilkan visualisasi menarik. Mulai dari warna, garis, jenis grafik, serta tabel dengan berbagai warna kekinian. Anda hanya perlu menjelajah dengan cara Drag and Drop yang sangat mudah dioperasikan.

Membuat analisis lebih mudah

Tableau dilengkapi dengan fitur untuk menganalisis data secara mudah dan cepat. Hal ini karena Tableau bersifat GUI alias tidak memerlukan kemampuan akan bahasa pemrograman seperti python, sehingga proses analisis pun mudah dilakukan. Software satu ini juga tidak bergantung pada tools lain dalam mengolah data karena adanya fitur bawaan untuk memproses data.

Element Tableau

Setelah mengetahui apa itu Tableau, jenis, dan fitur-fiturnya, Anda pun perlu tahu bahwa platform Tableau juga terdiri dari sejumlah elemen. Berikut ini elemen-elemen tersebut:

Tableau Prep

Elemen pertama adalah Tableau Prep yang digunakan untuk merencanakan dan mengombinasikan sumber data. Elemen ini memudahkan Anda dalam melakukan tugas pada kueri eksternal di Excel, SQL, atau tugas lain yang biasa diserahkan pada tim IT.

Tableau Desktop

Dekstop Tableau digunakan untuk menghubungkan Anda ke setiap sumber data agar mendapatkan jawaban dari Business Intelligence, menganalisis KPI, atau membuat dashboard interaktif. Dashboard ini bisa dijelajah demi membantu pengguna mengidentifikasi insight data mereka sendiri.

Tableau Online

Elemen terakhir adalah Tableau Online yang berfungsi untuk membagikan laporan, jawaban, dan dashboard kepada pengguna lain. Elemen ini juga bisa digunakan untuk menentukan autorisasi supaya hanya orang-orang tertentu yang memiliki akses untuk masuk.

Kini Anda sudah memahami apa itu Tableau yang membantu pebisnis dalam mengolah dan menganalisis data melalui metode visualisasi. Rasakan sendiri kemudahan analisis data menggunakan Tableau. Anda bisa memanfaatkan free trial selama 14 hari! Cukup hubungi kami untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan Tableau lewat Sunartha.

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

Upgrade Skill Mengolah Data Menggunakan Tableau

Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan

Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Analisis dan Visualisasi Data



1 Comment

Leave a Reply

nineteen − eleven =