Pandemi Momentum Bisnis Bertransformasi

Pandemi Jadi Momentum Bisnis Bertransformasi

Pandemi Momentum Bisnis Bertransformasi
© freepik.com/yanalya

 

Sejak awal tahun 2020, virus Covid-19 yang diketagorikan sebagai wabah pandemi oleh WHO mulai masuk dan menyebar di Indonesia. Dengan tidak terkendalinya penyebaran virus corona ini, pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan terkait pembatasan sosial sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona semakin luas.

Work from home (WFH) menjadi salah satu solusi dan budaya kerja baru di tengah situasi pandemi ini. Namun, bagi sebagian bisnis yang terbiasa dengan sistem manual dan konvensional akan kesulitan menerapkan sistem WFH bagi karyawannya.

Dengan adanya aturan pemberlakuan WFH, manajemen perusahaan membutuhkan sistem yang dapat membantu seluruh tim untuk berkoordinasi dan memastikan seluruh operasional berjalan dengan baik. Di titik inilah transformasi digital dibutuhkan.

Tidak hanya karena pola kerja yang berubah akibat pandemi di mana sebelumnya semua dapat leluasa berinteraksi dan bekerja di kantor dan kini anjuran bekerja dari rumah, namun juga adanya perubahan pola masyarakat sebagai konsumen dalam mencari informasi dan membeli produk.

Dapat kita lihat dari melonjaknya penggunaan layanan e-commerce sebagai layanan belanja online, layanan pesan antar, hingga sistem pembayaran digital. Transformasi digital akan membantu pengusaha beradaptasi terhadap perubahan ini.

Menurut analisis McKinsey, salah satu kunci utama perusahaan dapat bertahan dari krisis pandemi adalah kemampuan merespons krisis ekonomi lebih awal dengan pendekatan yang terukur. Perusahaan yang memiliki kemampuan tersebut, menunjukkan kinerja yang baik dan dapat bertahan selama krisis.

Bagi bisnis yang masih beradaptasi dan berupaya mengelola sistem kerja WFH, tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak teknologi berupa software atau aplikasi yang mendukung dan mengoptimalisasi WFH.

Situasi pandemi ini jadi momentum bagi bisnis bertransformasi. Sebelum menentukan software atau aplikasi apa yang Anda akan pilih, pertimbangkan hal-hal berikut dalam memilih software yang tepat untuk bisnis Anda.

 

1. Pertimbangkan Kebutuhan Bisnis

Setiap software memiliki tingkat kerumitan, fleksibilitas, dan kemudahan penggunaan yang berbeda-beda. Tim yang akan menggunakan sistem harus terlibat dan ikut mendiskusikan kebutuhan bisnis sebelum membuat pilihan tentang software atau aplikasi yang akan digunakan.

Selain mempersiapkan sistem baru, penting untuk mempersiapkan SDM yang mampu mengelola dan menggunakan software yang akan digunakan.

 

2. Dapat Diakses Darimana saja

Pilih software yang dapat diakses dari perangkat manapun. Jadi kapanpun dan dimanapun Anda dan tim berada, tetap dapat dengan mudah mengetahui informasi terbaru dari setiap proses baik itu perubahan ataupun progress yang dikerjakan oleh tim secara real-time.

 

3. Lihat Anggaran Biaya

Pilih software yang memang sesuai dengan budget anggaran yang ada. Ada beragam pilihan brand untuk setiap kebutuhan Anda. Pastikan Anda memilih software atau aplikasi yang sesuai dengan skala bisnis Anda dan sesuai dengan budget perusahaan.

 

4. Integrasi Sistem

Carilah software yang memungkinkan terkoneksi dan terintegrasi data dengan berbagai aplikasi pihak ketiga lainnya, atau server lembaga eksternal. 

Artikel Terkait: Smartsheet – Aplikasi Kolaborasi dan Manajemen Proyek

 

5. Tingkat Keamanan

Pelajari dan pahami kebijakan keamanan penyedia software atau teknologi yang mereka tawarakan. Pastikan data privasi Anda, karyawan, dan konsumen terjaga dan pahami langkah-langkah keamanan yang mengidentifikasi, mencegat, dan mencegah serangan dan ancaman berbahaya terhadap data Anda sebelum aplikasi diterapkan.

 

6. Layanan dan Dukungan Pelanggan

Periksa seberapa responsif dan memahami kesulitan yang Anda alami dari tim dukungan pelanggan software yang akan dipilih. Jelajahi forum online dan pelajari pendapat orang lain tentang pengalamannya.

 

Banyak variasi software dan aplikasi untuk menunjang produktivitas karyawan selama masa pandemi ini khususnya ketika manajemen memutuskan untuk menerapkan sistem kerja dari rumah. Namun perlu diingat, pilih beberapa hal yang memang dibutuhkan dan bisa dimodifikasi untuk perkembangan bisnis Anda ke depannya.

Anda dapat berkonsultasi perihal kebutuhan software yang bisnis Anda butuhkan bersama tim Sunartha. Segala tools untuk kebutuhan manajemen proyek, analisis dan visualisasi data, bahkan kostumisasi sistem ERP sesuai proses bisnis dapat direalisasikan. Tertarik menerapkan menggunakan software tersebut di perusahaan Anda? Diskusikan pengalaman bisnis Anda lebih lanjut melalui Whatsapp Sunartha Support di 081586902499.

 

Rekomendasi artikel Sunartha lainnya:

Upgrade Skill Mengolah Data Menggunakan Tableau

Tahapan Manajemen Proyek yang Perlu diketahui Project Manager

Apa itu Cloud ERP?



2 Comments

Leave a Reply

2 + twelve =