Smartsheet: Kolaborasi dan Manajemen Proyek dalam Satu Aplikasi

Smartsheet: Kolaborasi dan Manajemen Proyek dalam Satu Aplikasi

Smartsheet

© smartsheet.com

 

Hallo, selamat datang di Blog Sunartha

Pada tulisan kali ini, kami akan membahas mengenai Smartsheet yaitu aplikasi SaaS (Software as a Service) yang terjamin keamanan data pengguna dalam mengelola pekerjaan dan merencanakan manajemen proyek. Simak pembahasannya berikut ini ya!

 

Spreadsheet dengan Fitur Next Level

Di tengah situasi dan kondisi pandemi seperti ini, semua dituntut untuk cepat beradaptasi. Beberapa bidang pekerjaan dapat dikerjaan secara remote dan online dari rumah, namun tidak sedikit juga pekerjaan yang harus dikerjakan di kantor dan di lapangan.

Bagaimana jika ketiga bidang pekerjaan tersebut harus bekerjasama dan update informasi secara cepat untuk dapat mengetahui progress dan tracking proyek yang dikerjakan? Sederhananya, pekerjaan dapat dikelola dan dikontrol secara terpusat dan dapat diakses bersama dari mana saja dan kapan saja.

Smartsheet menjawab pertanyaan tersebut, aplikasi ini sebagai project management tools berupa spreadsheet yang menunjang aktivitas kerja Anda bersama tim dalam mengatur rencana proyek kerja.

Menurut WhatIs.com, spreadsheet adalah aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk memanipulasi, menangkap, dan menampilkan data yang disusun dalam kolom dan baris. Spreadsheet biasanya berupa lembaran kertas/halaman yang berisi data dalam bentuk baris dan kolom.

Pada Smartsheet, spreadsheet yang ditampilkan lengkap dengan fitur-fitur unggulan yang membuat perencanaan manajemen proyek menjadi lebih mudah dikerjakan dan dapat dikelola bersama dengan tim secara online.

Tidak hanya sebatas mengisi data dan mengelola progress pekerjaan saja, di Smartsheet Anda dapat berdiskusi, membuat catatan, melampirkan file dan tautan di dalam baris kolom sheet. Semua bisa dilakukan hanya pada satu aplikasi terpusat, yaitu Smartsheet.

Selain itu, semua informasi terbaru dan setiap perubahan yang tercatat dapat diketahui secara real-time.

 

Bagaimana cara kerja Smartsheet?

Sebagai project management tools, Smartsheet tak hanya bisa digunakan untuk mengisi data dan mengelola progres pekerjaan. Akan tetapi, alat ini juga dapat dijadikan tempat berdiskusi, menambahkan catatan, bahkan melampirkan file di dalam baris kolom sheet.

Dengan berbagai fitur unggulan, software ini memungkinkan pemilik sheet atau pengelola sheet dalam menambahkan kontributor eksternal, seperti klien, untuk bergabung dalam akun Smartsheet yang sama. Jadi, kolaborasi antara pihak pertama dan pihak kedua menjadi lebih jelas dan transparan.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Produktivitas Ketika Bekerja di Rumah

Kelebihan Menggunakan Smartsheet

Dalam project management tools ini, terdapat serangkaian kelebihan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mulai menggunakannya, yaitu:

    • Memiliki banyak fitur 

Kelebihan pertama dari Smartsheet adalah fiturnya yang beragam, seperti Automation, Bridge, Connectors, dan masih banyak lainnya. Fitur Automation memungkinkan pengguna Smartsheet untuk mengatur alur kerja secara otomatis dalam waktu singkat dengan bentuk yang sederhana. Sementara itu, fitur Bridge dapat digunakan untuk mengautomasi proses bisnis sehingga lebih efisien dan akurat. Kemudian, fitur Connector dapat digunakan perusahaan untuk mengolah dan menyinkronkan data.

    • Integrasi dengan lebih dari 70 aplikasi

Kelebihan berikutnya adalah alat ini telah terhubung dengan lebih dari 70 aplikasi digital. Project management tools ini dapat menggabungkan seluruh aset digital perusahaan ke dalam satu platform dan memudahkan alur kerja para karyawan.

    • Dashboard bisa dikustomisasi

Selain fiturnya yang beragam, tampilan dashboard di Smartsheet juga dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan. Terdapat berbagai template yang bisa digunakan dan bebas dimodifikasi karena bentuknya yang berbasis widget

    • Alur kerja otomatis

Selain didesain serba digital dan serba mudah, perangkat satu ini juga dapat membuat alur kerja perusahaan menjadi otomatis, tanpa perlu diatur kembali secara manual.

    • Input data dari sumber eksternal

Karena bersifat kolaboratif, pihak di luar perusahaan yang telah ditambahkan dalam tim Smartsheet dapat mengubah data yang ada di dalamnya, termasuk meng-input data baru.

 

Video singkat mengenai cara kerja Smartsheet

 

Setelah melihat video di atas bagaimana menurut Anda?

Aplikasi Smartsheet

Bila Anda sebagai pemilik atau pengelola “sheet”, Anda dapat melibatkan kontributor eksternal seperti klien atau vendor tanpa mengharuskan mereka memiliki akun Smartsheet.

Sebagai pemilik “sheet”, perubahan-perubahan yang dilakukan kontributor lain dapat Anda terima atau tolak.

Baca juga: Smartsheet Partner Indonesia

Jika bidang usaha atau perusahaan Anda memiliki pergerakan yang cepat dan memiliki target dengan tenggat waktu untuk menyelesaikan suatu proyek. Penting untuk merencanakan, mengontrol, dan memastikan semuanya berjalan sesuai track nya dan apabila ada kendala dapat segera diatasi.

Untuk Anda yang telah terbiasa dengan Gant Chart, Smartsheet dapat mengoptimalkannya dengan fitur bawaannya. Mengatur task list, timeline, progress sehingga tugas-tugas kecil dapat terlihat. Dilengkapi dengan keterangan waktu, deadline pekerjaan dapat diproyeksikan waktu penyelesainnya.

 

100+ Template Spreadsheet di Smartsheet

Tersedia ratusan template untuk membuat spreadsheet yang cocok dengan kebutuhan proyek Anda. Template yang disediakan memiliki rekomendasi untuk setiap bidang pengguna. Anda tinggal memilih spreadsheet mana yang paling cocok dengan jenis proyek yang dikerjakan dan Anda dapat mengatur keterangan pada kolom sesuai informasi yang dibutuhkan.

 

Dapat disimpulkan bahwa adanya Smartsheet mempermudah segala pengaturan manajemen mulai dari proyek besar, proses yang sedang berjalan, hingga memeriksa daftar sederhana secara online dan real-time. Serta, menghemat waktu dalam menyampaikan informasi antar karyawan dan tim.

 

Tertarik menggunakan Smartsheet? Coba gratis melalui tautan berikut: Coba Smartsheet Gratis 30 Hari

Untuk berlangganan, Smartsheet memiliki beberapa paket pilihan bagi pengguna. Terdapat paket untuk professional dan paket enterprise dengan harga start from Rp22.500.000. Untuk informasi lebih lanjut mengenai harga dari produk ini, silahkan hubungi tim kami melalui Whatsapp di nomor 0815 8690 2499.

 

Rekomendasi artikel Sunartha lainnya:

Tips Analisa Bisnis dengan Cepat dan Tepat

Kelebihan Sistem Informasi Manajemen dengan ERP



10 Comments

Leave a Reply

sixteen − 12 =