Cara Membuat Purchased Order di Acumatica

Cara Membuat Purchased Order di Acumatica

cara membuat purchased order
cara membuat purchased order. Source: Acumatica.com

Preview

Kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat Purchased Order di Acumatica. 

Acumatica Cloud ERP yang kita gunakan adalah versi 2020 R1 dimana baru rilis versi terbaru ini pada hari Jumat 20 Maret 2020.

Apa berbeda dengan versi sebelumnya? Yuk kita lihat bersama.

Meskipun Work From Home or Stay Home, tetap jangan lupa belajar ya. 

Tidak lupa mampir ke artikel yang paling banyak diklik ya disini: 

Contoh Penerapan ERP pada Perusahaan Manufaktur

Tahapan Caranya

Pada pilihan menu Acumatica rilis 2020 R1 saat ini mempunyai shortcut dimana Anda akan dengan mudah membuat Purchased Order.

Menu Acumatica

Menu fungsi yang ada di Acumatica, pada bagian kiri Anda, akan dapat temukan bagian Purchases. Dimasa saat Anda pilih, muncul pilihan menu dikanan Anda dan langsung bisa Anda dapatkan pada menu Transactions.

Ada banyak sumber data untuk membuat Purchased Order, tapi kali ini kita akan bahas dimana Purchased Order dibuat secara langsung tanpa melalui tahapan sebelumnya.

Cukup pilih Purchased Order + New dan Anda akan diarahkan pada tampilan screen untuk entry data Purchased Order.

Mari Kita Mulai Mengisi Data Purchased Order

Apa definisi dari Purchased Order? Seperti yang kita tahu bersama, dengan adanya dokumen ini, berarti kita sudah membuat kesepakatan dengan pihak supplier atau vendor untuk melakukan pembelian.

Umumnya, data yang diisi adalah nama supplier/vendor, tanggal pembelian, termin pembayaran, barang atau jasa yang akan dibeli dan yang terutama adalah jumlah dan nilai besaran barang dan jasa yang dibeli dalam mata uangnya.

Melalui PO juga, vendor akan memberikan dan membuat delivery order kepada perusahaan kita. 

Lalu, kalau kita sudah melakukan entry data tersebut, apakah kita bisa langsung mengirimkan format PO yang kita miliki? Tentu saja.

Format Purchased Order

Enaknya menggunakan Acumatica, kita bisa melakukan otomatisasi dimana saat PO yang sudah kita buat dan disetujui oleh atasan kita. 

Kita dapat mencetak atau langsung mengirimkan secara digital kepada vendor atau supplier kita. 

Ada juga skenario format yang kita buat bisa dimodifikasi dan ditambahkan QR Code sehingga bisa discan oleh vendor kita orisinalitasnya. 

Menarik bukan?

Cara Membuat Purchased Order di Acumatica

Bahasan kali ini baru membahas membuat dokumen PO secara langsung. Sedangkan Acumatica Cloud ERP juga mempunyai fitur-fitur menarik lainnya seperti Anda dapat membuat PO berdasarkan Replenishment berdasarkan stok mininum atau berdasarkan safety stok.

Atau kalau bisnis Anda manufakturing, PO bisa langsung dibuat melalui modul MRP. 

Tertarik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut? Anda bisa request webinar atau online session dengan tim kami, Mba Euis dinomor Whatsapp berikut: 0815 8690 2500.

Stay safe saat ini dengan adanya Corona. 

Regards,
Daru



2 Comments

Leave a Reply

10 − 9 =

en_USEnglish
zh_CNChinese en_USEnglish