Cloud Computing Menjadi Teknologi Penunjang Sistem ERP

Cloud Computing Menjadi Teknologi Penunjang Sistem ERP

Cloud Computing Menjadi Teknologi Penunjang Sistem ERP
Cloud Computing Menjadi Teknologi Penunjang Sistem ERP

 

Teknologi Cloud Computing 

Cloud adalah istilah dari penggunaan jaringan internet sebagai perantara antar komputer.

Sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer.

Teknologi Cloud Computing adalah teknologi yang membuat kita bisa menggunakan aplikasi/software dengan hanya menggunakan jaringan internet.

Aplikasi yang akan kita gunakan cukup dibuka dengan browser saja dan bisa mengakses server yang sudah tersimpan di cloud.

Banyak software menggunakan cloud sebagai pendukung teknologi yang mereka buat, karena rata-rata orang sudah menggunakan perangkat-perangkat yang menggunakan internet seperti komputer, smart TV, tablet, dan smartphone.

Internet membuat semua orang terhubung satu dengan yang lain.

Sistem ERP yang Memakai Teknologi Cloud

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software manajemen yang membantu menjalankan administrasi perusahaan.

Dulunya ERP menggunakan on-premise atau teknologi yang menggunakan server lokal.

Artinya software hanya digunakan di jaringan lokal yang terhubung dengan server tersebut.

Kekurangan lainya dari software on-premise yaitu adanya biaya tambahan seperti pemeliharaan hardware, biaya listrik dan pegawai IT yang ditugaskan khusus menjaga server.

Karena adanya kebutuhan perusahaan yang memiliki kantor cabang, toko, atau gudang di tempat berbeda maka teknologi ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan server dari satu tempat ke tempat yang lain sehingga data dan laporan bisa didapat dengan cepat dan akurat.

Oleh karena itu, teknologi cloud dipilih untuk menyempurnakan sistem ERP.

Dengan teknologi cloud, tidak perlu menyediakan server lokal lagi, cukup dengan internet.

Sistem ERP juga bisa diakses dimana saja dan bisa mendapatkan informasi secara real-time selama ada jaringan internet.

Pengguna pun bisa menggunakan sistem ERP diluar kantor sehingga memungkinkan untuk bekerja secara remote (kerja jarak jauh) bisa terjadi.

Contohnya ketika perusahaan memiliki beberapa cabang sehingga membutuhkan server di masing-masing cabang tersebut.

Dengan cloud, tidak perlu lagi server ditiap-tiap cabang karena semua data telah disimpan di cloud.

Coba baca mengenai perusahaan berbasis manufaktur dalam memanfaatkan ERP

 

Cloud Melengkapi Sistem ERP

Dengan teknologi Cloud Computing yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain melalui jaringan internet, memungkinkan orang untuk menjalankan aplikasi secara online sekalipun aplikasi tidak diinstall.

Dibandingkan dengan teknologi on-premise yang membutuhkan biaya perawatan server yang tidak sedikit, cloud bisa memangkas semua pembiayaan perawatan server atau tidak perlu memakai server lokal.

Perusahaan yang memiliki kantor cabang tidak perlu lagi membeli server untuk diletakkan di masing-masing cabang karena semuanya sudah tersimpan di cloud dan terintegrasi satu dengan yang lain.

Cloud juga memungkinkan sistem ERP dapat di akses melalui perangkat yang memiliki browser seperti komputer, laptop, tablet, dan smartphone.

Sekarang pun internet harganya terjangkau dan ada dimana-mana sehingga mudah diakses banyak orang.

Itulah mengapa teknologi cloud dipilih untuk menunjang sistem ERP dan menjadi solusi bagi perusahaan.

 

Cloud Computing Menjadi Teknologi Penunjang Sistem ERP

Bagaimana kira-kira bacaan dan informasi kali ini? Menarik bukan. Sekarang ini karena perkembangan yang namanya teknologi, semestinya bisnis bisa mengadopsi hal tersebut dan membuat bisnis yang Anda jalankan semakin unggul. Istilah kerennya adalah Competitive Advantages.

Tertarik pembahasan tentang keunggulan teknologi pada sistem ERP, saya dan tim punya artikel lainnya yang Anda bisa simak seperti Software ERP di Indonesia dan bagaimana cara memilihnya.

Ada juga artikel menarik mengenai dasar-dasar dalam pengambilan keputusan bisnis bagi Anda yang kesulitan bagaimana cara menentukan pilihan yang optimal dari beberapa opsi yang ada.

Hubungi tim saya, Mba Euis, dinomor whatsapp 0815 8690 2500 apabila Anda membutuhkan konsultasi terkait bagaimana membuat bisnis Anda lebih baik lagi dari sisi penerapan teknologi ERP dan Cloud ini. Kami akan juga tidak lupa memberikan Anda free trial software pengolah data secara visual, Anda bisa download disini, Tableau.

Bagi Anda mahasiswa semester akhir atau sudah dan baru saja lulus dari kampus dan tertarik tentang topik-topik seperti ini dan ingin bekerja ditempat kerja yang berkaitan dengan teknologi dan business intelligence, daftar disini ya untuk beberapa lowongannya.

 



1 Comment

Leave a Reply

nineteen − 5 =