Cloud ERP untuk Perusahaan Perkapalan

Cloud ERP Perusahaan Perkapalan

Cloud ERP Perusahaan Perkapalan
Cloud ERP Perusahaan Perkapalan. Source: Beritasatu

Perkenalan

Selamat datang diblog Sunartha. Blog ini secara rutin berbagi mengenai Cloud ERP, business tools seperti business intelligence, project management dan aplikasi lainnya.

Sunartha sebagai Value Added Reseller (VAR) dari beberapa aplikasi seperti Acumatica Cloud ERP,  Tableau Business Intelligence dan Monday.com sebagai provider Project Management dapat membantu bisnis Anda semakin terdepan dengan menggunakan tools yang tepat dalam membantu pengelolaan bisnis.

Kali ini kita akan berbagi mengenai salah satu tools Cloud ERP yang kami ingin bahas yaitu Cloud ERP Perusahaan Perkapalan.

Manfaat Cloud ERP

Sebelum membahas bagaimana bisnis perkapalan dapat terbantu dengan tools ini, kita akan bahas mengenai manfaat cloud erp. 

Seperti yang kita tahu, semakin kompleks bisnis pasti membutuhkan alat bantu dalam pengelolaannya. Mulai dari aktivitas accounting, finance, procurement, warehouse, sales sampai dengan fixed asset dan maintenancenya. 

Dari kesemuanya ini, kita tahu bahwa saat ini dengan teknologi terbaru, kita mampu untuk mendapatkan solusi cloud yang mempunyai fleksibilitas untuk upscale bisnis.

Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, baca artikel kami yang lain dibagian blog atau beberapa diakhir artikel ini. 

Cloud ERP Perusahaan Perkapalan

Fitur yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan perkapalan, berdasarkan hasil implementasi kami dibeberapa perusahaan dalam industri ini, fitur yang dibutuhkan antara lain:

Pengelolaan Aset

Perusahaan perkapalan mengandalkan aset berupa kapal untuk mendapatkan pendapatan. Jasa yang ditawarkan adalah pengiriman dapat berupa cargo.

Dengan nilai aset yang besar tersebut, dibutuhkan alat bantu untuk mengelola kegiatan seperti maintenance (docking) dan pengelolaan persediaan untuk sparepart aset itu sendiri. 

Persediaan

Tidak luput juga mengelola persediaan merupakan hal yang cukup membuat manajemen perusahan kesulitan. Persediaan terbesar dan perlunya tata kelola yang baik mulai dari pengelolaan solar (bahan bakar), sparepart untuk masing-masing kapal. Atau peralatan kerja crew dari tiap kapal itu sendiri.

Apalagi kalau kita ingin melakukan integrasi dengan bagian accounting atau keuangan untuk kegiatan pencatatan biayanya. 

Pemeliharaan

Kegiatan pemeliharaan juga sangat dibutuhkan untuk mencatat dan memberikan analisa kepada manajemen untuk menentukan ketersediaan sparepart. Menentukan kapan bisa melakukan pemeliharaan rutin sedangkan kontrak harus dipenuhi. 

Dalam modul ini pula akan terlihat kegiatan pemeliharaan apa saja yang sudah dilakukan untuk tiap kapal yang dimiliki. Apakah pemeliharaan besar atau pemeliharaan yang rutin agar aset yang dimiliki dapat lebih optimal dari durasi kerja. 

Keuangan dan Procurement

Setelah memiliki data operasional, pada akhirnya manajemen membutuhkan suatu laporan yang komprehensif untuk menentukan strategi seperti pricing. 

Serta penentuan procurement strategy agar dana yang dikeluarkan lebih optimal untuk pengelolaan aset yang dimiliki. 

Solusi Lebih Lanjut

Anda membutuhkan solusi lebih lanjut? Atau ingin mendiskusikan lebih tentang bisnis perkapalan Anda dengan kami?

Tidak perlu khawatir terlebih dahulu, kami punya solusi yang lebih komprehensif tanpa harus memilih ERP papan atas.

Hubungi tim saya, Mba Euis untuk berdiskusi lebih lanjut agar tim kami bisa diskusi dengan Anda dan memberikan solusi yang tepat tentunya. Nomor whatsapp yang dapat Anda hubungi disini: 0815 8690 2500 

Artikel lainnya yang saya rekomendasikan untuk Anda baca:

Bagaimana Kalau Anda Ditawari Dana 15 Milyar?

Pentingnya Manajemen Proyek

Salam,

Daru



4 Comments

Leave a Reply

12 + nine =