Mapping Kota pada Peta dengan Tableau

Mapping Kota pada Peta dengan Tableau

Hallo, selamat datang di Blog Sunartha

Blog Sunartha secara rutin akan berbagi tulisan mengenai tips dan informasi seputar business intellegence tools Tableau, sistem manajemen ERP, dan manajemen tools lainnya yang dapat diterapkan untuk organisasi dan perusahaan.

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi contoh untuk diimplementasikan oleh Anda atau di tempat kerja Anda.

Pada tulisan kali ini, kami akan membahas tentang cara menampilkan mapping kota pada peta menggunakan Tableau. Tableau sebagai salah satu tools yang mudah untuk memvisualisasikan data, biasanya untuk menampilkan wilayah menggunakan chart berbetuk map atau geospasial.

Jika tertarik menggunakan Tableau dan membutuhkan versi Trial, silahkan Download di sini.

Kita lanjutkan ya, bagaimana cara membuat mapping kota pada peta? berikut langkah-langkahnya.

 

Membuat Mapping Kota Pada Peta Menggunakan Tableau

Pertama, pastikan Tableau Desktop sudah terpasang dengan baik di PC Anda. Berikutnya kita tambah koneksi sumber data yang akan digunakan untuk pembuatan visualisasi yang kita inginkan. Gunakan file excel agar lebih mudah.

 

Kedua, masuk ke sheet 1 dan buat item calculation tambahan dengan nama “delta” untuk mengetahui perbedaan antara supply dan demand pada setiap row data dengan melakukan create calculated field pada box measures. Disini kita akan menggunakan function ABS() yang berarti absolute karena kita mencari besaran delta.

Mapping kota pada peta

 

Ketiga, kita akan membuat sebuah dimension bernama “status” yang menandakan pada setiap row apakah delta sebelumnya bernilai negatif,positif, atau sesuai.

Ini akan berfungsi untuk mengetahui apakah supply yang dimiliki kurang,berlebihan, atau sudah cukup. Kita lakukan seperti tahap kedua dengan menggunakan create calculated field pada box measures.

 

Keempat, sebelum meletakan store pada peta kita akan melakukan duplikasi dimension “store” terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena nantinya akan dilakukan perubahan tipe data. Sehingga kita perlu tetap simpan atribut aslinya.

Duplicate atribut “store” dan berikan nama baru yaitu “city”. Selanjutnya pada atribut “city” kita lakukan perubahan tipe menjadi geographic role -> city, sehingga atribut tersebut dapat digenerate ke dalam peta. Ilustrasi seperti gambar di bawah ini.

mapping kota pada peta di tableau                   Mapping kota pada peta

 

Kelima, drag dan drop atribut “city” ke bagian columns lalu klik show me dan ubah layout visualisasi menjadi maps.

 

Selanjutnya, layout pada sheet akan berubah menjadi peta dan column rows akan menjadi titik Latitude dan Longitude generated”. Saat berubah, tidak akan ada titik sama sekali. Hal ini karena tableau tidak dapat mengenali nama kota berhubung nama kota tadi adalah nama store.

Pada pojok bawah kanan akan diperlihatkan total unknown location yang selanjutnya akan coba kita perbaiki agar dapat tampil pada peta.

Lalu, klik pemberitahuan “unknown” tersebut dan pilih “Edit locations..” Disinilah letak kunci cara perbaikan tersebut.

      Mapping Peta Kota

 

Selanjutnya, kita akan diperlihatkan form untuk perbaikan setiap data. Klik pada kolom “matching location” pada setiap row data lalu isikan kota dan pilih sesuai dengan suggestion yang ditampilkan. Misal, ACH1 berada di kota aceh maka dipilih location Banda Aceh. Lakukan hal tersebut untuk semua data yang belum memiliki location. Lalu jika sudah, klik OK.

Mapping Kota dalam Peta

 

Setelah itu maka pada peta sudah menggambarkan titik masing – masing store sesuai dengan data yang dimiliki. Namun, apabila kita perhatikan kembali masih terdapat 6 unknown location padahal sebelumnya sudah kita petakan. Hal ini kemungkinan karena Tableau tidak memilik titik untuk kota – kota tersebut.

Lalu bagaimana solusi yang harus kita lakukan?

Mapping kota pada peta

 

Kita lakukan kembali step klik unknown -> edit locations. Selanjutnya pada data store yang titiknya tidak tampil kita pilih enter latitude dan longitude secara manual. Lengkapi data latitude dan longitude untuk kota-kota berikut: Bandung, Bogor, Jayapura, Surabaya. Lalu klik OK.

 

Selesai, semua store sudah berhasil dipetakan dengan lengkap pada peta yang ditampilkan.

Mapping kota pada peta dengan Tableau

Bagaimana? Mungkin terlihat rumit namun sebenarnya tidak serumit itu bila mencoba membuatnya sendiri di Tableau Anda dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Apabila tertarik untuk membeli dan implementasi Tableau di organisasi atau bisnis Anda, silahkah hubungi tim kami, Mba Euis yang akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda di nomor whatsapp 0815 8690 2499

Selain itu, apabila ada pertanyaan lain terkait Tableau atau pembahasan di atas silahkan ajukan pertanyaan pada comment box di bawah yaa. Atau boleh juga jika ingin memberi masukan mengenai topik tulisan seperti apa yang ingin Anda baca selanjutnya.

 

Baca juga artikel menarik Sunartha lainnya:

Mengenal Tableau, Business Intellegence Tools Terbaik

Perlukah Competitive Analysis?

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan



2 Comments

Leave a Reply

9 − 8 =