Mengapa Mengolah Data Perusahaan itu Penting?

Mengapa Mengolah Data Perusahaan itu Penting?

Pengolahan data perusahaan sangatlah penting karena dapat menjadi pendukung banyak keputusan strategis. Mengolah data perusahaan yang merupakan informasi mentah atau fakta yang belum diolah bahkan dapat membantu perusahaan mencapai target yang diinginkan. Ingat, data mentah masih belum bisa diterima secara informatif dan tidak memiliki makna apa pun. Itulah kenapa diperlukan pengolahan lebih lanjut untuk menjadi sebuah informasi yang bisa diterima. 

Mengorganisir data agar lebih mudah untuk dianalisis

Dalam operasional bisnis, umumnya terjadi pertukaran data yang sangat cepat sehingga menyebabkan penumpukan data. Pengolahan data yang baik memungkinkan banyaknya jumlah data yang beragam dapat diorganisir sehingga bisa dimanfaatkan bagi perkembangan perusahaan.

Pada umumnya, data engineer bertanggung jawab atas aktivitas mengolah data dengan mengumpulkan dan membangun infrastruktur data agar lebih rapi dan mudah diakses banyak pihak. Memanfaatkan komputer untuk pengolahan akan memudahkan data perusahaan agar bisa diorganisir sehingga fungsinya pun nanti optimal.

Meningkatkan efisiensi operasional perusahaan

Efisiensi operasional perusahaan bisa dilakukan lewat beberapa cara, salah satunya dengan mengolah data perusahaan. Perusahaan memanfaatkan pengolahan data yang tepat untuk menghasilkan informasi yang bisa dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan manajemen.

Contohnya, berdasarkan data yang ada, perusahaan dapat menyesuaikan beberapa setting agar karyawan dapat menghemat waktu pekerjaan dengan cepat, membuat laporan forecasting, hingga memberikan feedback dalam waktu singkat h. Penggunaan sistem informasi dalam mengolah data yang didukung oleh data scientist andal akan mendorong efisiensi komunikasi serta produktivitas perusahaan yang jauh lebih baik.

Data menjadi landasan pengambilan keputusan

Keputusan perusahaan yang diambil tanpa adanya data yang cukup hanya akan membuat perusahaan salah langkah. Oleh karena itu, penting untuk mengolah data agar menghasilkan informasi yang berguna bagi perusahaan sebagai landasan pengambilan keputusan. Perlu dilakukan analisis informasi dari data yang diolah untuk dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan di perusahaan.

Dengan demikian, berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh perusahaan bisa diatasi dengan pengambilan keputusan yang tepat. Misalnya, jika perusahaan mempunyai masalah penjualan yang menurun atau meningkatnya biaya operasional, data scientist dan data analyst dapat menelusuri permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut berdasarkan data yang tersedia. Data yang dikumpulkan kemudian akan dianalisis untuk memperoleh informasi yang bisa dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan bagi permasalahan untuk diselesaikan.

Untuk mengumpulkan informasi

Data yang tidak diolah akan menumpuk sehingga sulit untuk menggunakannya demi kemajuan perusahaan. Mengolah data perusahaan dapat membantu perusahaan mengumpulkan informasi penting yang bisa dipakai sebagai dasar untuk mengambil berbagai keputusan dan melakukan langkah-langkah baik untuk kemajuan perusahaan.

Data perusahaan yang dikumpulkan bisa dianalisis sehingga menghasilkan informasi yang berguna. Misalnya, data penjualan sebuah periode bisa menghasilkan informasi tentang target audiens yang paling besar dan jenis promo yang paling efektif untuk mendorong penjualan. Data yang diolah juga menentukan relevansi kualitas informasi yang dapat dihasilkan untuk keuntungan perusahaan.

Bahan evaluasi perusahaan

Mengolah data juga bisa menjadi bahan evaluasi perusahaan karena berbagai data seperti data penjualan, data karyawan, dan sebagainya dapat dijadikan bahan evaluasi kinerja perusahaan jika diolah dengan benar. Contoh, perusahaan dapat memperbaiki kinerja karyawan yang kurang baik lewat data karyawan yang sudah dianalisis. Ada juga beberapa perusahaan di bidang tertentu, misalnya yang bergerak di bidang produksi (kecantikan, makanan, minuman), untuk melakukan evaluasi berdasarkan data untuk meningkatkan kualitas produk di masa depan.

Mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas

Mengolah data juga mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas. Ketatnya persaingan antarbisnis membuat bisnis perlu menerapkan berbagai strategi untuk menarik konsumen sebanyak-banyaknya agar bisnis terus berkembang.

Sekarang, sudah banyak bisnis menggunakan teknologi pengolahan data berupa machine learning dan artificial intelligence (AI) untuk membuat beberapa penyesuaian yang mengoptimalkan kepuasan pelanggan. Misalnya, teknologi AI dimanfaatkan bisnis produk kecantikan untuk mendeteksi wajah, kemudian menginformasikan masalah kulit yang sedang dialami dan memberikan saran produk yang sebaiknya digunakan.

Agar perusahaan lebih mudah dalam mengolah data yang beragam, maka bisa dilakukan dengan bantuan software seperti Tableau. Aplikasi analisis data ini mempunyai kemampuan big data yang bermanfaat dalam mengumpulkan dan mengolah informasi yang didapat dari pelanggan, lalu kemudian disajikan dalam bentuk visual.

Terlebih, Tableau juga dapat dihubungkan dengan data berbasis Microsoft Excel dan data hasil pengolahan dari software lain. Tidak ketinggalan pembaruan data visualisasi secara real-time. Jika tertarik menggunakannya, klik di sini untuk free trial Tableau selama 14 hari! Anda juga konsultasi lebih dulu bersama tim Sunartha dengan klik tautan ini.

 

Artikel Menarik Sunartha Lainnya:

Pentingnya Analisis Data Penjualan dalam Meningkatkan Revenue Perusahaan

Serupa tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan Analisis dan Visualisasi Data

Mengenal Apa Itu Tableau, Business Intelligence Tool untuk Bantu Anda Kelola Analisis Data



Leave a Reply

1 × 5 =