Perbedaan Tableau vs Microsoft Power BI

Perbedaan Tableau vs Microsoft Power BI

Perbedaan Tableau Microsoft Power BI

 

Hallo, selamat datang di Blog Sunartha

Blog Sunartha secara rutin akan berbagi tulisan mengenai tips dan informasi seputar business intelligence tools, sistem manajemen ERP, dan manajemen tools lainnya yang dapat diterapkan untuk organisasi dan perusahaan.

Semoga informasi yang kami sampaikan bisa menjadi rekomendasi untuk diimplementasikan oleh Anda atau di tempat kerja Anda.

Pada tulisan kali ini, kami akan membahas mengenai perbedaan Tableau dan Microsoft Power BI, 2 tools business intelligence yang populer digunakan banyak perusahaan.

Artikel terkait: Cara Memilih Business Intelligence Tools yang Tepat

Penjelasan Tableau dan Microsoft Power BI

Tableau dan Microsoft Power BI adalah dua pelopor business intelligence (BI) dan software untuk visualisasi data.

Tableau menawarkan software visualisasi yang mudah digunakan oleh semua kalangan. Sedangkan, Power BI lebih bersahabat untuk perusahaan kecil atau perusahaan berkembang dalam segi harga maupun fungsionalitas. Power BI menawarkan interface yang mudah digunakan dan dashboard yang powerful.

Tableau dan Power BI memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing. Tableau dapat digunakan untuk mengintegrasikan titik data dalam jumlah tak terbatas dan menawarkan opsi dukungan yang komprehensif. 

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing-masing software, Anda harus bijak dalam memilih software business intelligence yang tepat untuk bisnis Anda.

 

Perbedaan Tableau dan Microsoft Power BI

1. Tableau dan Power BI

Tableau merupakan business intelligence software yang powerful untuk visualisasi data dan mencari informasi tersembunyi dari sebuah data.

Penggunaan software Tableau dapat digunakan oleh semua jenis organisasi dan bisnis. Dengan fitur drag-and-drop yang sederhana, Anda dapat dengan mudah menganalisis data utama, berbagi informasi penting ke seluruh perusahaan, membuat visualisasi, dan laporan yang inovatif.

Selain itu, Tableau menawarkan opsi untuk menyisipkan dasbor ke dalam aplikasi bisnis yang sudah ada. Misalnya SharePoint yang dapat Anda gunakan untuk analisis cepat.

Microsoft Power BI adalah software analisis berbasis cloud dan platform business intelligence yang menawarkan gambaran umum data perusahaan secara lengkap. Power BI menghubungkan berbagai data dari semua sumber dan menawarkan dashboard yang dapat diskalakan yang bisa Anda manfaatkan untuk memilih berbagai visualisasi data.

 

2. Visualisasi dan Sumber Data

Tableau dan Power BI dapat Anda gunakan untuk menyiapkan visualisasi data yang canggih yang akan membantumu menemukan pola, mengurangi biaya, mempercepat proses, dan menghasilkan kesimpulan. Tableau dapat Anda gunakan untuk membuat berbagai jenis visualisasi dasar, termasuk peta persebaran, diagram garis, dan scatterplot.

Anda tidak perlu memiliki kemampuan coding untuk mengembangkan visualisasi yang canggih dan kompleks menggunakan Tableau.

Power BI dapat membantu Anda dalam proses upload dataset. Anda dapat memilih berbagai visualisasi data yang sesuai dengan jenis dan skala data Anda. Namun, Power BI memiliki limit data saat melakukan analisis yaitu 3.500 data.

Baik Tableau dan Power BI dapat terhubung ke berbagai sumber data. Namun, Tableau menawarkan fitur yang lebih baik dengan koneksi ke sumber data yang berbeda, sedangkan Power BI terintegrasi dengan Microsoft, termasuk platform Azure cloud. 

 

3. Customers Support dan Harga

Tableau menyediakan direct support yang tersedia melalui telepon dan email. Tableau juga menawarkan tiga produk utama yaitu Tableau Desktop, Server, dan Online. Anda dapat mengakses customer support yang sesuai dengan versi software yang Anda gunakan. Anda juga dapat mengakses forum komunitas Tableau dan menghadiri pelatihan dan acara lainnya.

Customer support pada Power BI akan lebih cepat ditanggapi jika Anda menggunakan Power BI berbayar karena customer support untuk Power BI gratis sangat terbatas. Namun, Power BI menawarkan sumber daya dukungan, forum komunitas pengguna, dan contoh bagaimana pengguna lain menggunakan Power BI sehingga ketika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa mencontoh panduan dari pengguna lain.

 

Sebenarnya tidak perlu waktu dan usaha yang banyak untuk menentukan tools terbaik bagi usaha Anda. Anda tidak perlu ‘mengulik’ tiap BI tools untuk mengetahui apakah tools tersebut baik atau tidak, Anda cukup menghubungi kami dan biarkan kami yang melakukan proses pemilihan tools yang tepat bagi Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Anda sudah siap untuk memakai BI tools yang tepat, kan?

Apabila tertarik untuk menggunakan Business Intelligence tools di organisasi atau bisnis Anda, silahkah hubungi tim kami, Mba Euis yang akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda di nomor whatsapp 0815 8690 2499

Selain itu, apabila ada pertanyaan lain terkait Business Intelligence tools atau pembahasan di atas silahkan ajukan pertanyaan pada comment box di bawah. Atau boleh juga jika ingin memberi masukan mengenai topik tulisan seperti apa yang ingin Anda baca selanjutnya.

 

Baca juga artikel menarik Sunartha lainnya:

Mengenal Tableau, Business Intellegence Tools Terbaik

Perlukah Competitive Analysis?

8 Tipe Chart Tableau dan Fungsinya yang Umum Digunakan



1 Comment

Leave a Reply

sixteen − eight =