Sistem ERP Konstruksi

Sistem ERP Konstruksi

Sistem ERP Konstruksi

Selamat Datang

Bagi Anda yang pertama kali datang pada blog Sunartha, kami ucapkan selamat datang. Blog yang secara rutin berbagi mengenai tools dan sistem yang dapat membantu para pemilik bisnis maupun management suatu organisasi dalam proses pengambilan keputusan. 

Tidak kenal maka tidak sayang, Anda dapat mampir ke web kami, Sunartha, untuk mengetahui produk dan jasa yang kami miliki untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda. 

Bahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai Sistem ERP secara spesifik pada industri Konstruksi. Sektor yang pada tahun 2019 dan kedepan menjadi daya tarik tersendiri karena adanya pembangunan besar-besaran dari sisi pemerintah maupun swasta. 

Tetapi kita tahu bersama, sektor konstruksi, mempunyai tantangan tersendiri. Dengan kerumitan bisnis proses dan fungsi kendali dioperasional, sering membutuhkan beberapa alat bantu, yang tentu saja apabila diterapkan secara baik akan dapat membantu para pemiliki bisnis akan mendapatkan informasi dan mempercepat pengambilan keputusan. 

Setuju untuk kita lanjutkan? Siap. 

Sistem ERP

Seperti yang kita tahu, ERP (Enterprise Resources Planning) berperan penting dimanajemen perusahaan saat ini. Hampir dipastikan perusahaan berskala besar memiliki alat bantu ini dalam mengarahkan bisnis mereka. 

Seperti pada artikel kami yang lain, apa itu cloud ERPsistem ERP akan memberikan nilai tambah kepada bisnis. Memang pada awalnya terlihat rumit dan membingungkan saat proses implementasi.

Tetapi menurut pengalaman kami (karena kami secara internal menggunakannya sendiri) tools ini akan berguna saat Anda ingin melakukan analisa lebih lanjut. 

Bagaimana caranya?

Karena sistem yang didesain secara baik dan terstruktur, akan dapat membantu Anda menarik seluruh informasi atas data yang dientry oleh tim perusahaan Anda. 

Tidak hanya dari sisi accounting, keuangan, bahkan operasional seperti Sales Order dan Purchased Order. 

Oiya, kami juga mempunyai artikel menarik bagaimana Anda dapat membuat Purchased Order yang secara langsung dapat Anda konfigurasikan dan otomatiskan terkirim ke customer. 

Baca disini: Cara Membuat Purchased Order

Sistem ERP Konstruksi

Banyak sistem ERP yang mempunyai fitur dan modul spesifik terkait kegiatan konstruksi. Kali ini kita akan membahas mengenai modul konstruksi dari Acumatica Cloud ERP. 

Baca disini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Acumatica

Modul Konstruksi Acumatica mempunyai fitur-fitur seperti:

Contracts

Seringkali saat kita memiliki tools operasional, kita dipastikan ingin mendapatkan informasi tentang berapa besar dan progres tiap kontrak kerja yang kita miliki. 

Kontraktor bekerja berdasarkan kontrak. Setiap kontrak pasti memiliki RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) masing-masing. Dengan fitur ini, setiap informasi terkait budget, revisi budget serta actual expenses dapat Anda dapatkan saat itu juga tanpa harus menunggu bagian accounting dan bagian penagihan Anda mengirimkan data yang Anda perlukan. 

Budgets & Change Order

Mempertahankan margin project adalah suatu hal yang mutlak bagi pemilik project, maupun bagi para kontraktor. Tanpa budget yang dijadikan arahan dan panduan, sudah pasti yang kita kerjakan adalah sia-sia.

Fitur yang dimiliki sudah dapat mencatat adanya perubahan budget sampai dengan pekerjaan tambah (change request) atas pekerjaan utama yang diinformasikan oleh pemilik project. 

Setiap informasi yang ada dilapangan akan dapat langsung tercatat disistem, tanpa adanya menunggu rekap proses dari email dan laporan rutin. 

Subcontracts

Bagi Anda pemilik kontraktor besar, tentu istilah ini sudah tidak asing lagi. Anda membutuhkan beberapa pihak diluar organisasi Anda untuk mengerjakan sub-pekerjaan yang Anda miliki.

Dengan fitur ini, Anda langsung dapat mendelegasikan pekerjaan melalui dokumen Work Order  dan mencatat progres subkon Anda dari sisi operasional dan finansial.

Mobile Apps & Daily Fields Reports

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mendapatkan informasi dari tim operasional dilapangan? 1 hari? Sudah cukup bagus. Melalui apa? Spreadsheet? Tentunya. 

Bagaimana kalau saya dan tim membantu Anda untuk memantau perkembangan project dilapangan mendekati real-time seiring entry data masuk kedalam sistem? Menarik bukan?

Sampai dengan keluhan dan laporan progress melalui mobile apps untuk Android maupun IOS? Pasti Anda berminat untuk project Anda bukan? Fitur ini sudah ada dan bisa Anda dapatkan. 

Project Billing

Penagihan project dengan beberapa skema seperti dibayarkan per termin, dibayarkan per material dan termin diservice/jasa, mungkin Anda yang lebih tahu. 

Bagaimana sistem bisa membantu Anda dalam membuatkan tagihan sesuai dengan performance Anda? Tentunya bisa. Kita diskusikan bersama bagaimana Anda membuat tagihan kepada customer Anda. 

Compliance

Tentunya setiap industri memiliki standar compliance atau kepatuhan tertentu. Anda dapat membuat dan menyeragamkan form laporan yang dibutuhkan untuk setiap project sesuai kebutuhan. Meskipun tools ERP ini berasal dari US, kami dapat menyesuaikan untuk Anda. 

Retainage

Kesulitan dalam menghitung yang namanya retensi. Sudah terpikirkan bagaimana menagih retensi setelah invoice yang kita kirimkan kepada customer masih ditahan sebesar 5% pada tiap transaksi?

Sistem telah membantu Anda dalam mengelola bagaimana membuat tagihan dengan retensi, penagihan retensi maupun laporan status atas retensi.

Integrations

Saat ini hampir semua aplikasi dapat saling bertukar informasi dengan adanya API. Apakah aplikasi ERP yang Anda gunakan egois dan tidak dapat berdiskusi dengan aplikasi lainnya? Tentu tidak bukan?

Dengan adanya fitur API (JSON dan webservices) sudah dimungkinkan untuk melakukan integrasi antar aplikasi. Sebagai contohnya dengan Salesforce, dengan Tableau Business Intelligence juga sebagai tools analisa data kekinian yang bisa Anda gunakan. 

Financial Reports per Project

Sudah pasti dan tentunya Anda ingin mendapatkan yang namanya laporan keuangan tiap project yang Anda kerjakan. Ditambah dengan laporan available budget yang dimiliki serta progres penagihan yang tersisa.

Kesemuanya itu menurut saya penting bagi perusahaan kontraktor. Sama halnya dengan bisnis yang lain. Cashflow menjadi krusial dan tentunya Anda tidak ingin profitabilitas project Anda meleset bukan?

Tipe Perusahaan Kontraktor

Dengan terbagi menjadi beberapa tipe perusahaan Kontraktor seperti:

General Contractor

Home Builder

Land Developer

EPC Contractor

Subcontractor

Saya akan berbagi video dulu untuk kita lihat secara bersama. Baru saya akan menjelaskan sebagian fitur (dan akan saya lengkapi pada tulisan-tulisan dikemudian hari). 

Benefit Menggunakan Sistem ERP

Setelah kita membaca sedikit dari penjelasan fitur dan modul yang dimiliki oleh sistem ERP bagi industri kontraktor, pertanyaannya apa benefit menggunakan sistem ERP?

Menurut kami, benefit utama dari Sistem ERP adalah:

Informasi

Betul. Saat ini tanpa informasi yang relevan dan cepat, bisnis yang Anda miliki akan tertinggal dengan pesaing Anda. Data yang Anda miliki yang masih terserak dari beberapa aplikasi spreadsheet membuat Anda membuang waktu dalam melakukan pengolahannya. 

Kontrol

Tanpa adanya kontrol terhadap project (apalagi multiple project secara bersamaan) Anda akan sangat kesulitan. Ok, apabila gross margin Anda besar. Apabila sebaliknya? Yang Anda harus perhatikan dan terus perhatikan adalah bagaimana progress project Anda. Setuju?

Efisiensi

Tanpa adanya alat bantu, bisnis Anda hanya sibuk tanpa adanya efisiensi didalamnya. Apalagi dengan kondisi perekonomian yang sedang kurang baik seperti Covid-19 ini. 

Dengan operasional yang efisien, Anda dapat lebih bertahan terhadap perubahan ekonomi mendadak yang mungkin terjadi. 

Tertarik untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bidang konstruksi dan kontraktor? Message saya di Linkedin dibawah ini. Atau dapat mendiskusikannya dengan tim saya Mba Euis: 0815 8690 2500 

Daru

Artikel kami yang lain:

Software yang cocok untuk Perusahaan EPC

Contoh Penerapan ERP Pada Perusahaan Manufaktur

Manajemen Gudang



3 Comments

Leave a Reply

1 × one =